Kamis, 03 Desember 2015


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU

DOSEN PENGAMPU : YUYARTI

 







                                                                                                                              
OLEH
SATRIADI ( 1401413635 )
PPGT 2013

PGSD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :     SDN 1 PPGT HEBAT
Kelas / Semester              :     II / 2
Tema 5                             :     Hidup Sehat dan Bersih
Sub Tema 2                      :     Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran Ke            :     1
Alokasi Waktu                 :     (2 x 35 menit) 1 x Pertemuan

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
 1      :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
 2      :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
 3      :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4       :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1.1              Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1.1.1        Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah
1.1.2        Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.

2.1              Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
Indikator:
2.1.1        Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
2.1.2        Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya.

3.2       Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
            Indikator:
3.2.6        Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
3.2.7        Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah
4.2       Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
  Indikator:
4.2.3        Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.
4.2.4        Melaksanakan tata tertib di kelas
Matematika
1.1              Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1        Berdoa dengan tenang sesuai dengan agama yang di anutnya
1.1.2        Menjaga dan merawat kelas sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1              Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
Indikator:
2.1.1        mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di kelas
2.1.2        menunjukkan prilaku tertib di kelas
3.8       Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
            Indikator:
3.8.2        Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
3.8.3        Menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun segi empat dan segitiga berdasarkan tabel banyak sudut dan sisi segiempat dan segitiga di atas


4.6       Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
            Indikator:
4.6.1        Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk
4.6.2        Menulis bangun datar segi tiga dan segi empat
Bahasa Indonesia
1.1              Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
Indikator:
1.1.1             Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
1.1.2             Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
2.1              Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
Indikator:
2.1.1             Menyebutkan beberapa sikap peduli terhadap hewan dan tumbuhan dengan bahasa indonesia
2.1.2             Menunjukan prilaku peduli terhadap alam sekitar

3.2       Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
            Indikator:
3.2.1        Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.2        Menyebutkan berbagai kegiatan di lingkungan sekolah
4.2       Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
            Indikator :
4.2.1             Membacakan cerita narasi tentang tentang kegiatan di lingkungan sekitar
4.2.2             Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Melalui gambar kebersihan, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.       Melalui gambar kebersihan, siswa dapat menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.       Melalui  teks kebersihan, siswa dapat melaksanakan aturan di sekolah dengan tepat.
4.       Melalui teks kebersihan, siswa dapat melaksanakan aturan di kelas dengan tepat.
5.       Melalui gambar sisi bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak sudut dan banyak ruas segitiga dan segiempat dengan benar.
6.       Melalui gambar sisi bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak sudut dan banyak sisi segitiga dan segiempat dengan benar.
7.       Setelah mengamati  bungkus sikat gigi, siswa dapat mengurai sisi-sisi bangun ruang dengan benar.
8.       Setelah mengamati banyak sudut dan sisi segitiga dan segiempat, siswa dapat membedakan segitiga dan segiempat dengan tepat.
9.       Setelah  mengamati gambar menjaga kebersihan, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan benar.
10.    Setelah mengamati gambar menjaga kebersihan, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan benar
11.    Dengan mengamati gambar menjaga kebersihan, siswa dapat menulis cerita tentang cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan benar.
12.    setelah mengamati gambar menjaga kebersihan, siswa dapat membaca cerita tentang cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan benar.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Peraturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
·         Unsur-unsur bangun ruang
·         Sudut dan sisi segitiga dan segiempat.
·         Perbedaan segitiga dan segiempat.
·         Cerita  narasi tentang merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut


E.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
·      Pendekatan        : Saintifik
·      Strategi               : kontekstual
·      Metode               : Diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
·      Model                 : Example non example

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam
§  Guru bersama siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing yang di pimpin oleh salah seorang siswa.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Siswa menyanyikan lagu bangun tidur
§  Siswa di tanya oleh guru mengenai makna lagu “bangun tidur” (mengumpulkan informasi)
§  Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah”.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, mengasosiasi, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti
§  Siswa diamati kebersihan gigi, mulut, kuku oleh guru ( mengamati)
§  Siswa membentuk kelompok beranggotakan 9 siswa
§  Siswa mengamati kebersihan gigi, kuku dan pakaian diri sendiri dan teman sekelompoknya (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar dan teks “Hidup Bersih dan Sehat di sekolah” (mengamati).
§  Setelah mengamati gambar dan teks. Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai :
-       Mengapa kita harus merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut?
§  Siswa tanya jawab tentang kebersihan di sekolah (mengeksplorasi)
§  Siswa tanya jawab tentang hubungan kebersihan dan tata tertib sekolah(mengeksplorasi)
§  Setiap kelompok mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya ( mengeksplorasi)
§  Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok lain (mengkomunikasikan)
§  Siswa mengamati gambar bungkus sikat gigi (mengamati)
§  Salah satu siswa menunjukkan sisi-sisi bangun ruang bungkus sikat gigi dengan benda langsung (mengkomunikasikan)
§  Siswa menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun segi empat dan segitiga berdasarkan tabel banyak sudut dan sisi segiempat dan segitiga di atas
§  siswa menjelaskan perbedaan segitiga dan segiempat( mengumpulkan informasi/mencoba)
§  Siswa mengamati bangun segi empat dan segitiga pada stereofoam dan karet gelang.
§  Setelah diskusi selesai, siswa secara berkelompok menulis cerita singkat tentang cara menjaga kebersihan diri (mengumpulkan informasi/mencoba)
§  Siswa membacakan tulisannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
§  Siswa di beri kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

Penutup
§  Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Siswa mengerjakan soal evaluasi yang di berikan guru.
§  Siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan
§  Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.    PENILAIAN
   1. jenis / teknik  penilaian           : Tes dan Nontes
   2. Intrumen                                :
      - Soal Tertulis
      - Lembar pengamatan sikap, pengetahuan, keterampilan

H.    MEDIA,ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
          1. Media            : LCD, steorofoam
2. Alat                : LCD dan bungkus sikat gigi, karet gelang.
3. Sumber          : Buku Siswa Tema : Hidup Sehat dan Bersih Kelas II (Buku Tematik    Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku guru Tema : Hidup Sehat dan Bersih Kelas II (Buku Tematik    Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Aisyah Nyimas dkk. 2007 . Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta :Depdiknas
Ismoyo.2008. Aku Bangga Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Perbukuan Diknas
Sajari dan Suharto. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas II



( SATRIADI)
NIM:1401413635










LAMPIRAN 1
MATERI AJAR

LAMPIRAN 2
MEDIA PEMBELAJARAN

Sikat gigi, pasta gigi beserta bungkusnya
Steorofoam

LAMPIRAN 3
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Nama Kelompok                              :
Nama Anggota                                  : 1.
                                                                  2.
                                                                   3.
Kelas                                                     :



 























LAMPIRAN 4
KISI-KISI SOAL
Kompetensi Dasar
Indikator
Ranah Kognitif
Bentuk Tes Pilihan Ganda
BAHASA INDONESIA:
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.

C1
1,2
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

C2
3
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.

3.8.2    Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
C2
4,5


LAMPIRAN 5
SOAL EVALUASI
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan 1 sampai 3
1.      Apa saja yang di periksa oleh ibu guru setiap hari senin?
a.       Sepatu
b.      Baju
c.       Kuku,gigi, dan telinga

2.      Siapakah yang di periksa kebersihannya oleh ibu guru?
a.       Safrudin
b.      Siti dan teman- temannya
c.       Rasmini

3.      Menjaga kebersihan dan kesehatan merupakan bagian dari....
a.       Tata tertib sekolah
b.      Perintah guru
c.       Tugas siti dan temannya

4.      Berapakah jumlah sudut yang terdapat pada segi empat?
a.       2
b.      3
c.       4

5.      Berapakah ruas garis pada segitiga?
a.       1
b.      3
c.       2
LAMPIRAN 6
KUNCI JAWABAN
1. C
2. B
3. A
4. C
5. B




















LAMPIRAN 7
PEDOMAN PENSKORAN

                     skala (0 – 100 )

B = Banyak butir yang di jawab benar
N = Banyaknya butir soal


















LAMPIRAN 8
LEMBAR PENGAMATAN
Menulis teks menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari dengan EYD yang tepat
Kelompok       :
Anggota          :
No

Kriteria
Baik sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD yang tepat




2
Kelengkapan penulisan kata




3
Kesesuaianisi teks
yang ditulis dengan temamencuci tangan




4
Penggunaan kalimat yang efektif





Pedoman pengisian Rubri
LAMPIRAN 9

SINTAKS MODEL EXAMPLE NONEXAMPLE

1.      Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
3.      Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4.      Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.      Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6.      Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7.      Kesimpulan































Tidak ada komentar:

Posting Komentar