RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DISUSUN
GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU
DOSEN
PENGAMPU : YUYARTI
OLEH
SATRIADI ( 1401413635 )
PPGT 2013
PGSD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 PPGT HEBAT
Kelas / Semester : II
/ 2
Tema 5 : Hidup Sehat dan Bersih
Sub Tema 2 : Hidup
Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : (2 x 35
menit) 1 x Pertemuan
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
(KD)
PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1.1.1
Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku,
fisik, psikis, hobby) di sekolah
1.1.2
Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku,
fisik, psikis, hobby) di sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
Indikator:
2.1.1
Menjelaskansikap
kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
2.1.2
Menjelaskan
beberapa suku teman-teman yang ada dalam
kelasnya.
3.2 Memahami
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
Indikator:
3.2.6
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di sekolah.
3.2.7
Menjelaskan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di
sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
Indikator:
4.2.3
Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.
4.2.4
Melaksanakan tata tertib di kelas
Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1
Berdoa dengan tenang sesuai dengan agama yang di anutnya
1.1.2
Menjaga dan merawat kelas sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
2.1
Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
Indikator:
2.1.1
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
di kelas
2.1.2
menunjukkan prilaku tertib di kelas
3.8 Mengidentifikasi
unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
Indikator:
3.8.2
Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar
tertentu.
3.8.3
Menentukan banyak sudut dan banyak
sisi bangun segi empat dan segitiga berdasarkan tabel banyak sudut dan sisi segiempat dan
segitiga di atas
4.6 Mengurai
unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
Indikator:
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk
4.6.2
Menulis bangun datar segi tiga dan segi empat
Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
Indikator:
1.1.1
Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia
dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota
keluarga
1.1.2
Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia
dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
Indikator:
2.1.1
Menyebutkan beberapa sikap peduli terhadap hewan dan
tumbuhan dengan bahasa indonesia
2.1.2
Menunjukan prilaku peduli terhadap alam sekitar
3.2 Mengenal
teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Indikator:
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.2
Menyebutkan berbagai kegiatan di lingkungan sekolah
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
:
4.2.1
Membacakan cerita narasi tentang tentang kegiatan di lingkungan sekitar
4.2.2
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar
dengan EYD yang benar
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui gambar
kebersihan, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
2.
Melalui gambar kebersihan,
siswa dapat menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
3.
Melalui teks kebersihan, siswa dapat melaksanakan aturan
di sekolah dengan tepat.
4.
Melalui teks
kebersihan, siswa dapat melaksanakan aturan di kelas dengan tepat.
5.
Melalui gambar sisi
bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak sudut dan banyak ruas segitiga dan
segiempat dengan benar.
6.
Melalui gambar sisi
bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak sudut dan banyak sisi segitiga dan
segiempat dengan benar.
7.
Setelah mengamati bungkus sikat gigi, siswa dapat mengurai
sisi-sisi bangun ruang dengan benar.
8.
Setelah mengamati
banyak sudut dan sisi segitiga dan segiempat, siswa dapat membedakan segitiga
dan segiempat dengan tepat.
9.
Setelah mengamati gambar menjaga kebersihan, siswa
dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan benar.
10.
Setelah mengamati
gambar menjaga kebersihan, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan di
lingkungan sekitar dengan benar
11.
Dengan mengamati
gambar menjaga kebersihan, siswa dapat menulis cerita tentang cara merawat
kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan benar.
12.
setelah mengamati
gambar menjaga kebersihan, siswa dapat membaca cerita tentang cara merawat
kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
·
Peraturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
·
Unsur-unsur bangun ruang
·
Sudut dan sisi segitiga
dan segiempat.
·
Perbedaan segitiga dan
segiempat.
·
Cerita narasi tentang merawat kuku, telinga, gigi, dan
rambut
E.
PENDEKATAN &
METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Strategi : kontekstual
·
Metode :
Diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
·
Model : Example non example
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam
§
Guru bersama siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing yang di pimpin oleh
salah seorang siswa.
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§
Siswa menyanyikan lagu bangun tidur
§
Siswa di tanya oleh guru mengenai makna lagu “bangun tidur”
(mengumpulkan informasi)
§
Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ” Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah”.
§
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
§
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, mengasosiasi, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Siswa diamati
kebersihan gigi, mulut, kuku oleh guru ( mengamati)
§
Siswa membentuk kelompok beranggotakan 9 siswa
§
Siswa mengamati kebersihan gigi, kuku dan pakaian diri
sendiri dan teman sekelompoknya (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar dan teks “Hidup
Bersih dan Sehat di sekolah” (mengamati).
§
Setelah mengamati gambar dan teks. Siswa menjawab pertanyaan
guru mengenai :
-
Mengapa kita harus merawat kuku,
telinga, gigi, dan rambut?
§
Siswa tanya jawab tentang kebersihan di sekolah
(mengeksplorasi)
§
Siswa tanya jawab tentang hubungan kebersihan dan tata
tertib sekolah(mengeksplorasi)
§
Setiap kelompok mengajukan pertanyaan tentang hasil
pengamatannya ( mengeksplorasi)
§
Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan kelompok lain
(mengkomunikasikan)
§
Siswa mengamati gambar bungkus
sikat gigi (mengamati)
§ Salah satu siswa menunjukkan
sisi-sisi bangun ruang bungkus sikat gigi dengan benda langsung
(mengkomunikasikan)
§
Siswa menentukan banyak sudut
dan banyak sisi bangun segi empat dan segitiga berdasarkan
tabel banyak sudut dan sisi segiempat dan segitiga di atas
§
siswa menjelaskan perbedaan
segitiga dan segiempat( mengumpulkan informasi/mencoba)
§
Siswa mengamati bangun segi empat dan segitiga pada
stereofoam dan karet gelang.
§
Setelah diskusi selesai, siswa secara berkelompok menulis
cerita singkat tentang cara menjaga kebersihan diri (mengumpulkan
informasi/mencoba)
§
Siswa membacakan tulisannya di depan kelas
(mengkomunikasikan)
§
Siswa di beri kesempatan untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
|
|
Penutup
|
§
Guru bersama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Siswa mengerjakan
soal evaluasi yang di berikan guru.
§
Siswa bersama
guru merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan
§
Guru mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1. jenis / teknik penilaian :
Tes dan Nontes
2. Intrumen :
- Soal Tertulis
- Lembar pengamatan sikap,
pengetahuan, keterampilan
H. MEDIA,ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
LCD, steorofoam
2. Alat :
LCD dan bungkus sikat gigi, karet gelang.
3. Sumber : Buku Siswa Tema : Hidup Sehat dan Bersih Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku guru Tema : Hidup Sehat dan Bersih Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Aisyah Nyimas dkk. 2007 . Pengembangan
Pembelajaran Matematika SD. Jakarta :Depdiknas
Ismoyo.2008. Aku Bangga Bahasa
Indonesia. Jakarta:Pusat Perbukuan Diknas
Sajari dan Suharto. 2008. Pendidikan
Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas
http://www.bilna.com/close-up-pasta-gigi-deep-action-menthol-fresh-tub-160g.html (diakses tanggal 12/11/2015 pukul
18:47 WIB)
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas II
( SATRIADI)
NIM:1401413635
|
LAMPIRAN 1
MATERI
AJAR
LAMPIRAN 2
MEDIA
PEMBELAJARAN
Sikat gigi, pasta gigi beserta bungkusnya
Steorofoam
LAMPIRAN 3
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Nama Kelompok :
Nama Anggota :
1.
2.
3.
Kelas :
|
LAMPIRAN 4
KISI-KISI
SOAL
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Ranah Kognitif
|
Bentuk Tes Pilihan Ganda
|
BAHASA INDONESIA:
3.2 Mengenal teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai
kegiatan di lingkungan sekitar.
|
C1
|
1,2
|
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
C2
|
3
|
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur
yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
|
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis
(sisi) pada bangun datar tertentu.
|
C2
|
4,5
|
LAMPIRAN 5
SOAL
EVALUASI
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan 1
sampai 3
1.
Apa saja yang di periksa oleh ibu guru
setiap hari senin?
a.
Sepatu
b.
Baju
c.
Kuku,gigi, dan telinga
2.
Siapakah yang di periksa kebersihannya
oleh ibu guru?
a.
Safrudin
b.
Siti dan teman- temannya
c.
Rasmini
3.
Menjaga kebersihan dan kesehatan
merupakan bagian dari....
a.
Tata tertib sekolah
b.
Perintah guru
c.
Tugas siti dan temannya
4.
Berapakah jumlah sudut yang terdapat
pada segi empat?
a.
2
b.
3
c.
4
5.
Berapakah ruas garis pada segitiga?
a.
1
b.
3
c.
2
LAMPIRAN 6
KUNCI
JAWABAN
1. C
2. B
3. A
4. C
5. B
LAMPIRAN 7
PEDOMAN
PENSKORAN
B
= Banyak butir yang di jawab benar
N
= Banyaknya butir soal
LAMPIRAN 8
LEMBAR
PENGAMATAN
Menulis
teks menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari dengan EYD yang tepat
Kelompok :
Anggota :
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan EYD yang tepat
|
|
|
|
|
2
|
Kelengkapan penulisan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaianisi teks
yang ditulis dengan temamencuci tangan
|
|
|
|
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang efektif
|
|
|
|
|
LAMPIRAN 9
SINTAKS
MODEL EXAMPLE NONEXAMPLE
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan
tujuan pembelajaran
2.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP
3.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
6.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar