RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA
KULIAH PELUANG,STATISTIK DAN
PEMBELAJARANNYA
DOSEN
PENGAMPU : SUGIARTO DAN MULYONO
DISUSUN
OLEH
SATRIADI (1401413635)
PPGT 2013
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
:
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
KOMPETENSI
DASAR
2.1 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.4 Menjelaskan
dan menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,
komplemen himpunan, menggunakan masalah
kontekstual
3.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen
himpunan
C.
INDIKATOR
2.1.1
Datang tepat waktu
2.1.2
Aktif bekerja sama dalam kelompok menjelaskan arti himpunan
2.1.3
Menghargai pendapat teman
2.1.4
Bertanya dengan santun
2.1.5
Membantu menjelaskan materi saat diskusi
kepada temannya
2.1.6
Tidak mengganggu teman lain
3.41 Menjelaskan
arti himpunan bagian
3.4.3
menjelaskan himpunan himpunan
semesta
3.4.4
menjelaskan himpunan
kosong
3.4.5
Menentukan komplemen himpunan
4.4.1
Memaparkan contoh-contoh himpunan dalam
kehidupan sehari-hari
4.4.2
Memberikan contoh himpunan bagian
4.4.3
Menuliskan himpunan semesta
4.4.4
Menuliskan himpunan kosong
4.4.5
Menuliskan komplemen himpunan
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kompetensi
sikap spiritual dan sosial
Pertemuan kesatu,kedua
dan ketiga
1.1.1.1 Sebelum
memulai pembelajaran, siswa berdoa menurut agama dan kepercayaannya
1.1.1.2 Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.1.1.1 Sebelum
memulai pembelajaran, siswa datang tepat waktu
2.1.1.2 Dalam
kegiatan berdiskusi, siswa aktif bekerja sama
dalam kelompok menjelaskan arti himpunan
2.1.1.3 Selama
kegiatan pembelajaran, siswa saling menghargai pendapat teman
2.1.1.4 Ketika
siswa tidak memahami materi, siswa bertanya dengan santun
2.1.1.5 Saat
kegiatan diskusi, siswa saling membantu menjelaskan materi saat diskusi kepada
temannya
2.1.1.6 Saat
kegiatan pembelajaran, siswa tidak saling mengganggu teman lain
Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan
Kesatu
3.4.1.1 melalui
beberapa contoh kumpulan subjek, siswa dapat menjelaskan arti himpunan dengan
benar
3.4.2.1 setelah
menyebutkan beberapa contoh himpunan, siswa dapat menjelaskan arti himpunan
bagian dengan benar
4.4.1.1 setelah
melihat beberapa contoh himpunan, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh
himpunan lainnya
4.4.2.1 setelah
menyebutkan beberapa contoh himpunan, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh
himpunan bagian
Pertemuan Kedua
3.4.3.1 Melalui
penayangan contoh himpunan di powerpoint, siswa dapat menjelaskan arti himpunan semesta dengan benar
3.4.3.2 Melalui
penayangan contoh himpunan di powerpoint, siswa dapat menentukan anggota
himpunan semesta dengan benar
3.4.4.1 Melalui
beberapa contoh himpunan, siswa dapat menentukan anggota himpunan kosong dengan
benar
3.4.4.2 Melalui
penjelasan guru tentang himpunan kosong, siswa dapat mengetahui arti himpunan
kosong dengan benar
4.4.3.1 Melalui
beberapa contoh soal himpunan, siswa dapat mengerjakan latihan soal himpunan semesta di papan tulis dengan benar
4.4.4.1 Melalui
beberapa contoh soal himpunan, siswa dapat mengerjakan latihan soal himpunan
kosong didepan kelas dengan benar.
Pertemuan Ketiga
3.4.5.1 melalui
orientasi masalah himpunan, siswa dapat menentukan arti kompemen himpunan
dengan benar
3.4.5.2 melalui
tanya jawab tentang keanggotaan himpunan, siswa dapat mengetahui keanggotan
komplemen himpunan dengan enar
4.4.5.1 melalui
tanya jawab tentang keanggotaan himpunan, siswa dapat menuliskan anggota
himpunan komplemen dengan benar
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
Kesatu
-
Pengertian himpunan
-
Pengertian himpunan bagian
-
Anggota himpunan
-
Anggota himpunan bagian
Pertemuan Kedua
-
Himpunan semesta
-
Himpunan kosong
Pertemuan Ketiga
-
Himpunan komplemen
F.
PENDEKATAN,MODEL
DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pertemuan
kesatu
1.
Pendekatan
: Saintifik, kontekstual
2. Model : Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
3. Metode
: diskusi, ceramah interaktif
Pertemuan
kedua
1.
Pendekatan
: Saintifik, kontekstual
2.
Model : Discovery Learning (DL)
3. Metode
: diskusi, ceramah interaktif
Pertemuan
ketiga
1.
Pendekatan
: Saintifik, kontekstual
2.
Model :
Problem Based Learnig(PBL)
3. Metode
: diskusi, ceramah interaktif
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media : power point
Alat/Bahan : laptop dan LCD
proyektor
Sumber Belajar :
-
Buku matematika siswa kurikulumm 2013
kelas 7 semester 1
-
Buku guru matematika kurikulumm 2013
kelas 7
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Kesatu
Kegiatan
|
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan salam
-
Guru bersama siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
yang di pimpin oleh salah seorang siswa.
-
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
-
Guru mengajak siswa untuk
semangat dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menginformasikan materi pelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
-
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,menanya, mengasosiasi, mengeksplorasi, mengkomunikasikan
|
|
Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
-
Siswa menuliskan anggota
kelompoknya di papan tulis (mengasosiasi)
-
Salah satu siswa membacakan pembagian
kelompok yang telah di tulis dipapan tulis ( mengasosiasi)
-
Siswa ditanya secara acak
anggota-anggota kelompok 1, 2,3 dan 4 yang di tuliskan (menanya)
-
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang arti kumpulan dan himpunan (mengamati)
-
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang cara menuliskan anggota himpunan ( mengamati)
-
Setiap kelompok menuliskan
himpunan-himpunan yang ada disekitarnya (mengumpulkan
informasi)
-
Setiap kelompok menyampaikan
hasil kerjanya didepan kelas (menginformasikan)
-
Siswa bertanya mengenai apa yang
disapaikan oleh temannya (menanya)
-
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang hasil diskusi
-
Siswa bertanya mengenai materi
yang belum dipahamai (menanya)
|
|
Penutup
|
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi
yang di berikan guru.
-
Siswa bersama guru merefleksikan
pembelajaran yang telah dilakukan
-
Guru mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
|
Model Discovery Learning (DL)
|
karakter
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan salam
-
Guru bersama siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
yang di pimpin oleh salah seorang siswa.
-
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
-
Guru mengajak siswa untuk
semangat dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menginformasikan materi pelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
-
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,menanya, mengasosiasi, mengeksplorasi, mengkomunikasikan
|
Religi, disiplin
|
|
Inti
|
-
Siswa mengamati slide PPT yang
menyajikan beberapa contoh himpunan (mengamati)
|
Orientasi siswa pada masalah
|
Disiplin
Kerjasama
Peduli
|
-
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang apa yang diamati (menanya)
-
Siswa diberi stimulus berupa
pertanyaan untuk menanyakan apa yang diamati( menanya)
-
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok
-
Setiap siswa duduk secara
berkelompok sesuai dengan kelompoknya
-
Siswa membagikan LKS 1 tentang
himpunan semesta
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengerjakan LKS 1
-
Siswa dibimbing oleh guru untuk
mengerjakan LKS 1 (mengumpulkan
informasi)
|
Identifikasi
masalah
|
||
-
Siswa berdiskusi dengan teman
sekelompoknya(menalar)
-
Siswa menuliskan hasil diskusinya
di lembar yang disediakan
|
Menyusun
prakiraan
|
||
-
Setiap kelompok menyampaikan
hasil diskusinya didepan kelas(mengkomunikasikan)
-
Siswa lain memberikan tanggapan
terhadap hasil kerja temannya
-
Siswa dikonfirmasi oleh guru
mengenai apa yang telah didiskusikan
|
Konfirmasi
hasil penemuan
|
||
-
Siswa menanyakan apa yang belum
dipahami
|
Pendalaman
hasil penemuan
|
||
Penutup
|
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi
yang di berikan guru.
-
Siswa bersama guru merefleksikan
pembelajaran yang telah dilakukan
-
Guru mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
Pertemuan ketiga
Kegiatan
|
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
|
Model Discovery Learning (DL)
|
karakter
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan salam
-
Guru bersama siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
yang di pimpin oleh salah seorang siswa.
-
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
-
Guru mengajak siswa untuk
semangat dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menginformasikan materi pelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
-
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,menanya, mengasosiasi, mengeksplorasi, mengkomunikasikan
|
Religi, disiplin
|
|
Inti
|
-
Siswa mengamati slide PPT yang
menyajikan beberapa contoh berkaitan
dengan komplemen(mengamati)
|
Mengorientasi siswa pada masalah
|
Disiplin
Kerjasama
Peduli
|
-
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang apa yang diamati (menanya)
-
Siswa diberi stimulus berupa
pertanyaan untuk menanyakan apa yang diamati( menanya)
-
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
-
Setiap siswa duduk secara
berkelompok sesuai dengan kelompoknya
-
Siswa membagikan LKS 3 tentang
komplemen himpunan
-
Siswa diberi kesempatan untuk
mengerjakan LKS 3
-
Siswa dibimbing oleh guru untuk
mengerjakan LKS 3 (mengumpulkan
informasi)
|
Mengorganisasi
siswa untuk belajar
|
||
-
Siswa berdiskusi dengan teman
sekelompoknya(menalar)
-
Siswa menuliskan hasil diskusinya
di lembar yang disediakan
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
||
-
Setiap kelompok menyampaikan
hasil diskusinya didepan kelas(mengkomunikasikan)
-
Siswa lain memberikan tanggapan
terhadap hasil kerja temannya
-
Siswa dikonfirmasi oleh guru
mengenai apa yang telah didiskusikan
-
Siswa menanyakan apa yang belum
dipahami (menanya)
|
menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
||
Penutup
|
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi
yang di berikan guru.
-
Siswa bersama guru merefleksikan
pembelajaran yang telah dilakukan
-
Guru mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
H. Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Jenis/Teknik
Penilaian : Nontes/Observasi
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Rubrik
Pedoman
Penskoran : Terlampir
2.
Sikap
Sosial
Jenis/Teknik
Penilaian : Nontes/Observasi
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Rubrik
Pedoman
Penskoran : Terlampir
3.
Pengetahuan
Jenis/Teknik
Penilaian : Tes/ Tes tertulis
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : soal
essay dan pilihan ganda
Pedoman
Penskoran : Terlampir
4.
Keterampilan
Jenis/Teknik
Penilaian : Nontes / Observasi
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Rubrik
Pedoman
Penskoran : Terlampir
................................................................2016
Kepala
Sekolah Guru
...........................................................
....................................................
......................................................
.....................................................................
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar